Jumat, 20 November 2009

beo Kafir


Pak Salam punya seekor burung Beo. Tiap dia pergi atau pulang kantor, si beo selalu menjawab salamnya.
" Assalamualaikum.......wa alaikumsalam... " begitulah aktifitas interaksi sehari -hari antara Pak Salam dan burung kesayangnnya.
Sayang karena sebuah urusan pekerjaan, Pak Salam harus ke luar kota. Tentu saja Si Beo nggak bisa ikut.
Dengan sedih Pak Salam menitipkan Beo itu pada tetangganya, Pak Slamet.

Pak Salam :" Pak Slamet, saya minta tolong titip burung kesayangan saya ya....saya mau luar kota nih..."
Pak Slamet : " Waduh pak, rumah saya sempit. Lagian di sini banyak anak -anak, ramai...nanti suaranya bisa rusak lho...
Pak Salam : " gak apa - apa lah... mau gimana lagi pak, di rumah gak ada orang, tapi kalau bisa sih di taruh di tempat yang agak sepi...tolong ya pak..."
Pak Slamet : " Ya sudah...saya taruh di belakang saja ya... di situ kayaknya tempat tersepi di rumah ini "
Pak Salam ; " Terimakasih pak, dijaga ya...."

Singkat cerita, sebulan kemudian Pak Salam pulang dari luar kota. Saking kangennya dengan si beo, dia tidak langsung pulang ker rumah.
Tujuan awal langsung ke rumah Pak Slamet mengambil burungnya....

Pak Salam : " Pak Slamet, saya mau ambil burung saya..."
Pak Slamet ; " Oh, iya ini pak...maaf saya hanya bisa kasih makan dan minum saja, gak bisa merawat lebih dari itu. Lha wong saya sendiri berangkat pagi pulang malam"
Pak Salam : " Waduuuh....lihat si beo ku seger waras gini aja saya sudah sangat berterimakasih paaak...Kalau begitu saya pamit dulu ya pak..terimakasih banyak lho...maaf ngrepotin..."

Sesampai di rumah, Pak Salam langsung ingin mendengarkkan lagi klangenan suara beo nya yang sudah lama tak terdengar...

Pak Salam : " Assalamualaikum......"
Beo : Preeee....eeet...
Pak Salam ; " Lho... ? Assalamualaikuuuum....
Beo : Heks !....preee...et ketek keteeek...ngghhhkh !
Pak Salam : Loh...loh...loh....ini pasti kerjaan anaknya Pak Slamet...kurang ajar dia..burungku kok jadi gini...dasar keluarga kafir !
Beo : heeiiiikkk... aahghh... preeeee..et....
Burung itu terus ngoceh begitu gak berhenti - berhenti...

Rupanya Pak Salam terlanjur naik pitam. " Hei burung kafir... ! dasssarrr ! diajak salam kok malah jawabnya gak karu -karuan ! mau meniru tetanggamu itu ya !
dasar Kafir ! kulabrak kau Met...dasar kafir... ! dasar kafir...! dasar kafir....!
Rupanya juga, si beo mulai merasa dilatih empunya belajar kalimat baru " dasar kapiiir....! dasar kafiiiii iiy ! dasar kafiiir... !

Pak Salam tambah kalut lihat burungnya gantian mencemooh dirinya kafir. Akhirnya ia melabrak mendatangi rumah Pak Slamet.

Pak Salam : " Paaaak ! Keluaaaarr... ! ini kenapa burungku kok suaranya jadi gini ! anak -anak sampeyan itu ngajari dia apa !
Pak Slamet : " Lho...sungguh saya nggak tahu...lha wong anak -anak itu sudah saya ingatkan jangan dekat -dekat dengan burung sampean, nanti suaranya rusak..."
Pak Salam : " Lalu kenapa bisa gini !
Pak Slamet : " Ya ndhak tahu pak...pak..kan saya bukan ahli burung. Semenjak bapak titipin, langsung saya taruh dibelakang rumah, pagi sama sore saya kasih makan. Itu aja...wong di sana juga nggak ada yang ngganggu kok.... "

Karena tak ada jawaban yang melegakan, akhirnya dengan geram Pak Salam ngloyor pergi sambil menyumpah serapahi Pak Slamet " Dasar tolol...dasar kafir....kafiirr..kebangetan...kafiirrr...!
Pak Slamet hanya bisa mbatin " yaah....sudah ditolong kok malah mencap orang dengan sebutan gitu ya...udahlah ikhlas saja...hanya Tuhan yang tahu bahwa saya sudah berbuat baik..."
Sambil garuk -garuk kepala, Pak Slamet akhirnya kepikiran juga " Eh, tapi kenaaaapa ya kok burungnya Pak Salam jadi gak bisa ngoceh ? bingung aku ..."

Rupanya Pak slamet tidak sadar kalau bagian belakang rumahnya, tepatnya tempat menaruh beo tadi berdekatan dengan WC keluarga. Jadi secara tak sadar tiap hari beo itu terlatih mendengarkan suara -suara yang ada dalam WC tadi...

" Heks !....preee...et ketek keteeek...ngghhhkh ! Preeee....eeet...heeiiiikkk... aahghh... preeeee..et...."

Pesan cerita : Jangan suka suudzhon mengkafirkan orang. Beo juga bisa !
Tebarkan Salam dengan santun kalau ingin Slamet.


Wassalam, bukan Beo

Dody Ide

2 komentar: